Program Educational Objective (PEO1 – PE06)

No.
Profil Lulusan S2 SI
Deskripsi
1 Database and Security Specialist / Digital Enterprise (PD) Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan dalam menganalisis data dan informasi, merancang, membangun, memelihara, dan mengintegrasikan data dan informasi baik berasal dari basis data maupun file serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan sistem.
2 Technopreneur / Digital Business (BD) Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk berwiraswasta yang mampu merancang dan mengembangkan bisnis berbasis inovasi dengan pemanfaatan IT sebagai solusi dalam penyelesaian masalah di masyarakat.
3 IS Consultant / Digital Governance (TTD) Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk menganalisis proses bisnis dan data, mengintegrasikan seluruh komponen sistem untuk menerapkan solusi berbasis sistem informasi, mengukur kinerja pemanfaatan IT, melakukan identifikasi kemungkinan resiko dalam pemanfaatan IT, merancang rekomendasi untuk menyesuaikan penggunaan IT yang sesuai dengan kebutuhan bisnis organisasi.
4 Information System Developer / Digipreneurship (DP) Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk menganalisis, merancang, membuat, menguji, mengimplementasikan dan mengevaluasi data dan informasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam lingkungan global yang kompetitif.
5 Studi Lanjut (SL) Lulusan Magister Data dan Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu pendidikan doktoral.

 

Pemetaan Program Educational Objective terhadap ABET Program Educational Objective (Information System)
ABET Program Educational Objective (Information System)
PEO1
PEO2
PEO3
PEO4
PEO5
PEO6

Menganalisis masalah komputasi yang kompleks dan menerapkan prinsip-prinsip komputasi dan disiplin lain yang relevan untuk mengidentifikasi solusi.

TRUE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

Merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi untuk memenuhi serangkaian persyaratan komputasi dalam konteks disiplin program.

FALSE

 

TRUE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

Berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks profesional.

FALSE

 

FALSE

 

TRUE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

Mengenali tanggung jawab profesional dan membuat penilaian berdasarkan informasi dalam praktik komputasi berdasarkan pada prinsip-prinsip hukum dan etika.

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

TRUE

 

FALSE

 

FALSE

 

Berfungsi secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim yang terlibat dalam kegiatan yang sesuai dengan disiplin program.

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

TRUE

 

FALSE

 

Mendukung penyampaian, penggunaan, dan manajemen sistem informasi dalam lingkungan sistem informasi [SI].

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

TRUE

 

Pemetaan Program Educational Objective terhadap PLO IABEE Computing (General Criteria)
PLO IABEE Computing (General Criteria)
PEO Prodi S2 SI Telkom University

.

PEO1
PEO2
PEO3
PEO4
PEO5
PEO6

Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan. (PLO1)

TRUE

 

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

Kemampuan mendesain komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global. (PLO2)

FALSE

 

TRUE

 

 

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik. (PLO3)

FALSE

 

TRUE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik. (PLO4)

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

FALSE

Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan. (PLO5)

FALSE

FALSE

TRUE

 

FALSE

FALSE

FALSE

Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan. (PLO6)

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas di dalam batasan-batasan yang ada. (PLO7)

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya. (PLO8)

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik. (PLO9)

FALSE

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

 

FALSE

Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan. (PLO10)

FALSE

FALSE

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

 

Pemetaan Capaian Pembelajaran dalam KKNI
Jenjang

Kualifikasi

 

8 (S2)

Pengetahuan 1 Memiliki kemampuan memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang Ilmu Komputer/ Informatika melalui pendekatan inter atau multidisipliner. PLO1
  2 Mempunyai pengetahuan dan pemahaman sejumlah tema ilmu komputer, termasuk abstraksi, kompleksitas dan evolusi dari perubahan/pengembangan keilmuan dan prinsip prinsip umum ilmu komputer seperti berbagi (sharing) sumber daya, keamanan (security) dan bekerja secara paralel (concurrency). PLO1
Keterampilan Umum 1 Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara; PLO4
2 Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; PLO3
3 Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; PLO4
4 Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; PLO2
5 Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; PLO1
6 Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; PLO3
7 Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; PLO5
8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. PLO3
9 Mampu mengembangkan metode/framework/arsitektur/ protocol sistem berbasis komputer berdasarkan kajian ilmiah dan penelitian serta menyajikan dalam suatu karya ilmiah. PLO2
10 Memilki kemampuan dalam menggunakan sejumlah tool aplikasi pengembang dan pembanding algorithma kompleks dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan para peneliti lain untuk mengembangkan algorithma bersama. PLO1
Keterampilan Khusus 1 Mampu mendesain, menganalisis, dan mengimplementasikan behaviour sistem berbasis komputer yang berkualitas (terukur dan teruji) dengan mengaplikasikannya pada domain seperti green energy (smart energy systems), polusi, food-management, peternakan, pertanian, dan lain-lainnya berdasarkan kebutuhan dan keterbatasan sistem, serta mampu mengelolanya dengan tepat.

(Spesifik pada masing-masing program studi, sesuai dengan profil lulusan dan SDM)

PLO6
Pemetaan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
No
Daftar Mata Kuliah
PLO1
PLO2
PLO3
PLO4
PLO5
PLO6

1

2

3

4

5

6

 

7

8

9

 

10

 

11

 

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

Tata Kelola Data dan Teknologi Informasi

Jaminan Keamanan Informasi

Analisa Bisnis dan Data Perusahaan

Integrasi dan Arsitektur Aplikasi Perusahaan

Ketangguhan dan Perlawanan Siber

Manajemen Investasi dan Teknik Nilai Teknologi

Informasi

Transformasi dan Strategi Digital

Manajemen Proses Bisnis Berorientasi Layanan

Metodologi Penelitian untuk Magister Sistem

Informasi

Strategi dan Kebijakan Professional Teknologi

Informasi

Seminar, Sertifikasi dan Pelatihan Teknologi

Informasi

Jaringan dengan Definisi Perangkat Lunak

Analisa Keputusan untuk Teknologi Finansial

Manajemen Pengetahuan dan Sumber Daya

Perancangan Aplikasi Cerdas

Hukum dan Etika Siber

Infrastruktur Teknologi Informasi Generasi Terbaru

Inovasi dan Kewirausahaan Teknologi

Perencanaan dan Manajemen Proyek Digital

Aplikasi Internet untuk Semua dan Masyarakat

Tesis Magister

WRAP Researchship

WRAP Internship

WRAP Enterpreneurship 1

WRAP Enterpreneurship 2

WRAP Apprenticeship 1

WRAP Apprenticeship 2

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

TRUE

FALSE

 

FALSE

TRUE

FALSE

 

TRUE

 

FALSE

 

TRUE

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

 

FALSE

TRUE

TRUE

 

TRUE

 

FALSE

 

TRUE

TRUE

FALSE

TRUE

FALSE

TRUE

TRUE

FALSE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

FALSE

 

TRUE

FALSE

TRUE

 

FALSE

 

TRUE

 

FALSE

FALSE

TRUE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

 

FALSE

FALSE

TRUE

 

FALSE

 

TRUE

 

FALSE

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

FALSE

TRUE

 

TRUE

FALSE

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

TRUE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

TRUE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

 

TRUE

FALSE

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

 

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

TRUE

TRUE

FALSE

FALSE

TRUE

FALSE

FALSE