Program Educational Objective (PEO1 – PE06)
No. |
Profil Lulusan S2 SI |
Deskripsi |
1 | Database and Security Specialist / Digital Enterprise (PD) | Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan dalam menganalisis data dan informasi, merancang, membangun, memelihara, dan mengintegrasikan data dan informasi baik berasal dari basis data maupun file serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan sistem. |
2 | Technopreneur / Digital Business (BD) | Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk berwiraswasta yang mampu merancang dan mengembangkan bisnis berbasis inovasi dengan pemanfaatan IT sebagai solusi dalam penyelesaian masalah di masyarakat. |
3 | IS Consultant / Digital Governance (TTD) | Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk menganalisis proses bisnis dan data, mengintegrasikan seluruh komponen sistem untuk menerapkan solusi berbasis sistem informasi, mengukur kinerja pemanfaatan IT, melakukan identifikasi kemungkinan resiko dalam pemanfaatan IT, merancang rekomendasi untuk menyesuaikan penggunaan IT yang sesuai dengan kebutuhan bisnis organisasi. |
4 | Information System Developer / Digipreneurship (DP) | Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk menganalisis, merancang, membuat, menguji, mengimplementasikan dan mengevaluasi data dan informasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam lingkungan global yang kompetitif. |
5 | Studi Lanjut (SL) | Lulusan Magister Data dan Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu pendidikan doktoral. |
Pemetaan Program Educational Objective terhadap ABET Program Educational Objective (Information System)
ABET Program Educational Objective (Information System)
PEO1
PEO2
PEO3
PEO4
PEO5
PEO6
Menganalisis masalah komputasi yang kompleks dan menerapkan prinsip-prinsip komputasi dan disiplin lain yang relevan untuk mengidentifikasi solusi.
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
Merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi solusi berbasis komputasi untuk memenuhi serangkaian persyaratan komputasi dalam konteks disiplin program.
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
Berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks profesional.
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
Mengenali tanggung jawab profesional dan membuat penilaian berdasarkan informasi dalam praktik komputasi berdasarkan pada prinsip-prinsip hukum dan etika.
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
Berfungsi secara efektif sebagai anggota atau pemimpin tim yang terlibat dalam kegiatan yang sesuai dengan disiplin program.
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
Mendukung penyampaian, penggunaan, dan manajemen sistem informasi dalam lingkungan sistem informasi [SI].
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
Pemetaan Program Educational Objective terhadap PLO IABEE Computing (General Criteria)
PLO IABEE Computing (General Criteria)
PEO Prodi S2 SI Telkom University
.
PEO1
PEO2
PEO3
PEO4
PEO5
PEO6
Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikan. (PLO1)
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
Kemampuan mendesain komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global. (PLO2)
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik. (PLO3)
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik. (PLO4)
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek keteknikan. (PLO5)
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan. (PLO6)
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas di dalam batasan-batasan yang ada. (PLO7)
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya. (PLO8)
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik. (PLO9)
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan. (PLO10)
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
Pemetaan Capaian Pembelajaran dalam KKNI
Jenjang
Kualifikasi
8 (S2) |
Pengetahuan | 1 | Memiliki kemampuan memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang Ilmu Komputer/ Informatika melalui pendekatan inter atau multidisipliner. | PLO1 |
2 | Mempunyai pengetahuan dan pemahaman sejumlah tema ilmu komputer, termasuk abstraksi, kompleksitas dan evolusi dari perubahan/pengembangan keilmuan dan prinsip prinsip umum ilmu komputer seperti berbagi (sharing) sumber daya, keamanan (security) dan bekerja secara paralel (concurrency). | PLO1 | ||
Keterampilan Umum | 1 | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara; | PLO4 | |
2 | Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; | PLO3 | ||
3 | Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; | PLO4 | ||
4 | Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; | PLO2 | ||
5 | Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; | PLO1 | ||
6 | Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; | PLO3 | ||
7 | Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; | PLO5 | ||
8 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | PLO3 | ||
9 | Mampu mengembangkan metode/framework/arsitektur/ protocol sistem berbasis komputer berdasarkan kajian ilmiah dan penelitian serta menyajikan dalam suatu karya ilmiah. | PLO2 | ||
10 | Memilki kemampuan dalam menggunakan sejumlah tool aplikasi pengembang dan pembanding algorithma kompleks dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan para peneliti lain untuk mengembangkan algorithma bersama. | PLO1 | ||
Keterampilan Khusus | 1 |
Mampu mendesain, menganalisis, dan mengimplementasikan behaviour sistem berbasis komputer yang berkualitas (terukur dan teruji) dengan mengaplikasikannya pada domain seperti green energy (smart energy systems), polusi, food-management, peternakan, pertanian, dan lain-lainnya berdasarkan kebutuhan dan keterbatasan sistem, serta mampu mengelolanya dengan tepat.
(Spesifik pada masing-masing program studi, sesuai dengan profil lulusan dan SDM) |
PLO6 |
Pemetaan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
No
Daftar Mata Kuliah
PLO1
PLO2
PLO3
PLO4
PLO5
PLO6
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
Tata Kelola Data dan Teknologi Informasi
Jaminan Keamanan Informasi
Analisa Bisnis dan Data Perusahaan
Integrasi dan Arsitektur Aplikasi Perusahaan
Ketangguhan dan Perlawanan Siber
Manajemen Investasi dan Teknik Nilai Teknologi
Informasi
Transformasi dan Strategi Digital
Manajemen Proses Bisnis Berorientasi Layanan
Metodologi Penelitian untuk Magister Sistem
Informasi
Strategi dan Kebijakan Professional Teknologi
Informasi
Seminar, Sertifikasi dan Pelatihan Teknologi
Informasi
Jaringan dengan Definisi Perangkat Lunak
Analisa Keputusan untuk Teknologi Finansial
Manajemen Pengetahuan dan Sumber Daya
Perancangan Aplikasi Cerdas
Hukum dan Etika Siber
Infrastruktur Teknologi Informasi Generasi Terbaru
Inovasi dan Kewirausahaan Teknologi
Perencanaan dan Manajemen Proyek Digital
Aplikasi Internet untuk Semua dan Masyarakat
Tesis Magister
WRAP Researchship
WRAP Internship
WRAP Enterpreneurship 1
WRAP Enterpreneurship 2
WRAP Apprenticeship 1
WRAP Apprenticeship 2
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
TRUE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
TRUE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
FALSE
TRUE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
Recent Comments