Fokus Program Studi Magister Sistem Informasi

Dalam hal ini, prodi S2 sistem informasi memfokuskan karakternya kepada tata kelola data korporasi pada semua mata kuliah yang ditawarkan baik yang wajib ataupun peminatan. Sejalan dengan orientasi data yang ada pada prodi S1 sistem informasi, beberapa mata kuliah diselaraskan sehingga proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan terkonsentasi kepada praktikal pada perusahaan dengan mengutamakan best practice yang dijalankan oleh beragam perusahaan dalam konsep IT enabler di proses bisnisnnya ataupun kerangka kerja yang ditawarkan oleh perusahaan konsultan.

Dengan adanya penyelenggaraan program studi S2 Sistem Informasi, Universitas Telkom mendapat keuntungan secara institusi yaitu peningkatan kualitas dan kuantitas aspek Tri Darma Perguruan Tinggi. Alasan mengenai peningkatan kualitas dan kuantitas dilandasi alasan manajemen kualitas dan tuntutan agar luaran pembelajaran mahasiswa S2 dapat berkontribusi dalam penelitian ilmiah. Kurikulum S2 ini didesain sesuai dengan karakter Pendidikan profesional dengan tetap memfokuskan profil dan kompetensi lulusan.

Keunikan Program Studi Magister Sistem Informasi

Program studi Magister Sistem Informasi yang diusulkan memiliki keunikan:

1.    Penyesuaian konten dan material mata kuliah yang ditawarkan berdasarkan standar sertifikasi asosiasi profesi seperti ISACA, PMI, CompTIA, dan sebagainya.

2.    Kompetensi dan profil lulusan yang mengedepankan 4 aspek utama yang sejalan dengan akreditasi nasional KKNI dan internasional ABET.

3.    Standar kurikulum yang selaras dengan akreditasi nasional KKNI dan APTIKOM, serta internasional ABET berdasarkan pemetaan PO (Program Outcomes) – LO (Learning Outcome).

4.    Dilengkapi dengan sertifikasi internasional Database and Security Specialist atau IS Consultant.

5.    Tugas mata kuliah yang dibebankan kepada mahasiswa disesuaikan dengan permasalahan riil yang dihadapi oleh industri terkait.

6.    Kuliah yang interaktif dan aplikatif melalui CeLOE (Center for e-Learning and Open Education) Learning Management System, dan kunjungan industri, memanfaatkan jejaring yang luas dengan BUMN dan start-up hasil inkubasi Bandung Techno Park (BTP) di bidang sistem informasi.

7.    Memiliki nilai-nilai HEI (Harmony, Excellency, dan Integrity) sebagai dasar dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi (pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat).